Hari Ini:

Senin 23 Sep 2019

Jam Buka Toko:

09.00 s/d 21.00 WIB

Telpon:

088218028617

SMS/Whatsapp:

088218028617

Line ID:

lshopbdg

BB Messenger:

D5C7224C

Email:

adm.moofeat@gmail.com

Sejarah berdirinya adidas dan puma

21 July 2015 - Kategori Blog

Kakak beradik asal German berikut inilah pendiri Brand terkenal di dunia, yaitu ADIDAS dan PUMA.

Tahukah kamu bahwa pemilik Brand Adidas dan Puma adalah seorang kakak beradik? Ada yang tahu sebenarnya kakak beradik tersebut terlibat perselisihan dan akhirnya membuat brand berbeda tersebut? Ya, pemilik Adidas dan Puma adalah kakak beradik, dan mereka berdua terlibat perselisihan yang akhirnya membuat brand sendiri-sendiri. Tetapi perselisihan keduanya tidak membuat brand tersebut menurun, sekarang Adidas telah mempekerjakan kurang lebih 50ribu orang diseluruh dunia. Dan Puma sekarang sudah berada hampir ada di 120 negara diseluruh dunia.

Kakak beradik Rudolf Dassler dan Adolf Dassler (ADI)

Rudolf Dassler dan Adolf Dassler adalah dibalik kesuksesan brand Adidas dan Puma. Rudolf Dassler adalah sang kakak dan Adolf Dassler (Adi) adalah Adik dari Rudolf Dassler. Adi adalah nama akrab panggilan Adolf Dassler. Mereka berdua keturunan asli dari German, sedangkan ayahnya Christoph Von Wilhelm merupakan pekerja di pabrik sepatu. Mereka hidup di saat perang dunia pertama, dimana German menerima kekalahan dan menyebabkan semua warga German mengalami keterpurukan. Rudolf dan Adolf akhirnya bekerja membantu ayahnya di pabrik sepatu. Setelah merasa yakin bisa membuat sepatu buatannya sendiri, Rudolf keluar dari pekerjaannya tersebut. Kemudian disusul Adolf yang turut bergabung dengan Rudolf untuk membuat “Gebruder Dassler Schuhfabrik (GDS)”. Adolf berposisi sebagai kepala produksi dan Rudolf menjadi kepala marketing.

Berjuang keras ditengah-tengah keterpurukan German

Pada perang dunia pertama, German menjadi bulan-bulanan negara-negara tetangga, ini membuat perekonomi di German sangat terpuruk. Produksi pertama GDS berlokasi di tempat cuci rumah sang ibu karena listrik yang kurang. Karena penjualan yang buruk, GDS akhirnya berstrategi untuk mensposori beberapa atlit. Puncaknya pada tahun 1936 di Berlin, German. Pada saat itu GDS mensposori salah satu atlet, dan atlet tersebut ternyata berhasil merebut emas. Dan akhirnya GDS terkenal setelah itu. Setelah itu GDS menerima beribu-ribu surat dari seluruh dunia untuk memesan sepatu mereka, bahkan GDS menerima pemasan hingga 200ribu pasang sepatu setiap tahunnya. Tetapi, ternyata ketenaran didapat itulah yang membuat GDS pecah.

Perpecahan Antara Rudolf dan Adolf

Perpecahan dimulai ketika terjadi salahpaham antara Rudolf (sang kakak) dan Adolf (Sang adik), Awalnya Rudolf adalah seorang petinggi dan penggiat partai Nazi, partainya “Adolf Hitler”. Ketika perang dunia kedua, pabrik GDS dijadikan pabrik senjata oleh Nazi, setelah itu Adolf (Adi) merasa tidak setuju oleh keputusan Rudolf. Mulai itu ketegangan antara mereka berdua mulai muncul.

Puncaknya adalah ketika Rudolf ditangkap oleh sekutu karena dinilai sebagai antek dari Nazi, bahkan pabrik GDS hampir dibom. Setelah Rudolf ditangkap, sang adik Adolf (Adi) dinilai tidak membantu Rudolf untuk keluar dari penjara. Pada saat itulah puncaknya Rudolf marah kepada sang adik yaitu Adolf (Adi).

Terbentuknya Nama Adidas dan Puma

Setelah Rudolf keluar dari penjara pada tahun 1947, Adolf (Adi) merubah nama brandnya menjadi ADIDAS yang berasal dari nama panggilan dan nama kepanjangan dari Adolf yaitu “ADI” dan DASsler”. Sedangkan sang kakak membuat brand RUDA, RUDA adalah nama sebelum berevolusi menjadi puma RUDA di ambil dari nama sang kakak yaitu Rudolf Dassler. Karena merasa RUDA tidak enak didengar, Rudolf mengganti brandnya menjadi PUMA. Puma awalnya menjadi sponsor utama timnas German tetapi pada tahun 1950, namun Puma tidak melanjutkan kontrak dan akhirnya timnas German disponsori Adidas sampai sekarang. Tetapi sayangnya, blunder yang dibuat Puma tersebut harus di bayar mahal, karena pada tahun 1950 Timnas German Barat keluar sebagai pemenang sepak bola piala dunia untuk pertama kalinya.

Rudolf dassler

(Sang kaka pemilik RUDA yang berganti menjadi PUMA)

Adolf dassler

(Sang adik pemilik ADIDAS)